Sabtu, 19 September 2015

Jenis-Jenis Hutan di Indonesia

JENIS-JENIS HUTAN DI INDONESIA

Jenis hutan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi iklimnya. Letak Indonesia yang berada di wilayah iklim tropis menyebabkan sebagian besar wilayahnya memiliki jenis hujan tropis, terutama di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Wilayah Indonesia yang memilki curah hujan tinggi dan musin kemarau panajng, jenis hutannya termasuk dalam hutan musim. Sedangkan untuk wilayah yang curah hujannya rendah, jenisnhutan yang banyak di temukan diwuilayah tersebut adalah hutan sabana. Selain itu, letak Indonesia yang dikelilingi oleh perairan menyebabkan wilayah sekitar pantai yang berlumpur banyak ditumbuhi hutan bakau.
Macam hutan di Indonesia antara lain :

      1.       Hutan musim, terdapat di daerah yang dipengaruhi iklim musim. Selama musim kemarau, pohon di hutan musim menggugurkan daunnya sedangkan di saat musim hujan pohon dihutan musim kembali pulih lagi. Hutan ini sering disebut sebagai hutan homogeny karena hanya terdapat satu jenis pohon saja.

                                         
sumber : http://images.gofreedownload.net/autumn-woods-145676.jpg & http://www.anneahira.com/images_wp/hutan-musim.jpg

      2.      Hutan hujan tropis, terdapat di daerah yang banyak mendapat hujan. Salah satu ciri dari hutan hujan tropis adalah pohon-pohonnya berdaun lebat dan dasar hujan yang gelap karena sinar matahari sulit untuk menembus kanopi atau bagian atas hutan.

 
sumber : https://jusufdjokam.files.wordpress.com/2013/02/rainforest_wallpaper_k47vp.jpg

      3.      Hutan bakau, terdapat dataran rendah pantai yang berlumpur. Akar pohon bakau yang berada di atas permukaan air dapat menahan abrasi.


  
sumber : https://tibberlone.files.wordpress.com/2012/04/dscf11881.jpg


      4.      Hutan sabana, terdapat di daerah yang mendapat sedikit hujan. Hutan sabana adalah padang rumput yang beberapa tempat terdapat pohon-pohon yang jarang-jarang dan semak belukar.  


sumber : https://tamanhidup.files.wordpress.com/2011/04/img_1924.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar